My Diary.
to Share my Life Events

Jarak tak jadi masalah

Peran Teknologi Komunikasi dan Informasi 
dalam Penyelenggaraan Pendidikan.


"Sobat blogger Indonesia yang pada kreatif, dalam artikel saya kali ini akan membahas atau curhat dengan peristiwa yang pernah saya alami semasa SMP heheh yaitu saya bermasalah dengan jarak untuk belajar atau sekolah maklum orang Kabupaten heheh, hmm yuk kita baca selanjutnya..!!

Pendidikan jarak jauh adalah sekumpulan metoda pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar. Pemisah kedua kegiatan tersebut dapat berupa jarak fisik, misalnya karena peserta ajar bertempat tinggal jauh dari lokasi institusi pendidikan. Pemisah dapat pula jarak non-fisik yaitu berupa keadaan yang memaksa seseorang yang tempat tinggalnya dekat dari lokasi institusi pendidikan namun tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di institusi tersebut. Keterpisahan kegiatan pengajaran dari kegiatan belajar adalah ciri yang khas dari pendidikan jarak jauh.
Sistem pendidikan jarak jauh merupakan suatu alternatif pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Pada sistem pendidikan pelatihan ini tenaga pengajar dan peserta didik tidak harus berada dalam lingkungan geografi yang sama.


Tujuan dari pembangunan sistem ini antara lain menerapkan aplikasi-aplikasi pendidikan jarak jauh berbasis web pada situs-situs pendidikan jarak jauh yang dikembangkan di lingkungan di Indonesia yakni bekerja dengan sama mitra-mitra lainnya. 
Secara sederaha dipahami sistem ini terdiri dari kumpulan aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan pendidikan jarak jauh hingga penyampaian materi pendidikan jarak jauh tersebut dapat dilakukan dengan baik.
Sarana penunjang dari pendidikan jarak jauh ini adalah teknologi informasi. Kemunculan teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan jarak jauh ini sangat membantu sekali. Seperti dapat dilihat, dengan munculnya berbagai pendidikan secara online, baik pendidikan formal atau non-formal, dengan menggunakan fasilitas Internet.Pendekatan sistem pengajaran yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengajaran secara langsung (real time) ataupun dengan cara menggunakan sistem sebagai tempat pemusatan pengetahuan (knowledge).
Hal ini memungkinkan terbentuknya kesempatan bagi siapa saja untuk mengikuti berbagai jenjang pendidikan. Seorang lulusan sarjana dapat melanjutkan ke pendidikan magister secara online ke salah satu Perguruan tinggi yang diminatinya.

Sistem Pendidikan Jarak Jauh
Meskipun teknologi merupakan bagian integral dari pendidikan jarak jauh, namun program pendidikan harus fokus pada kebutuhan instruksional siswa, dari pada teknologinya sendiri. Perlu juga untuk dipertimbangkan; umur, kultur, latar belakang sosioekonomi, interes, pengalaman, level pendidikan, dan terbiasa dengan metoda pendidikan jarak jauh. Faktor yang penting untuk keberhasilan sistem pendidikan jarak jauh adalah perhatian, percaya diri guru, pengalaman, mudah menggunakan perlatan, kreatif menggunakan alat, dan menjalin interkasi sesama siswa.
"Nah, itu sobat blogger peran TI sangat berpengaruh dalam meningkatkan dunia pendidikan di Indonesai ini... mudah-mudahan kita bisa lebih giat belajar dalam mememanfaatkan peran TI".

~~Salam semangat~~

AGUS PERMANA AGUS PERMANA Author
Miz Tia mengatakan...

hi done follow.. miztia jadi members ke 15 :D


jarak memang bukan masalh yg penting niat :D ksungguhan hati pasti DIA akan melindungi kita ^____^.

Bangboy F mengatakan...

hmm ok makasih udah ada niat jadi member yah walaupun baru ke-15 heheh bener bgt jarak tak usah di dramatisir yang penting niat yang kuat demi kemajuan... semoga betah...

Kamu Pengunjung Ke

Google+ Badge

Sobat Kang Agus