My Diary.
to Share my Life Events

Create Now Live

Salam semangat sobat blogger Indonesia yang pada kreatif, hmm.. OK saya ini akan membahas mengenai "Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Pendidikan Bangsa"  Saya mau tanya siapa sih yang saat ini kagak kenal internet, handphone, smartphone, tablet (bukan obat lho!), dan jenis gadget lainnya? dari kalangan anak-anak remaja, pelajar, karyawan, petani, Chef, Bintang film, Polisi, TNI dll dah...
tetangga saya juga anak SD udah terbiasa megang handphone yang saya gunakan, udah kenal istilah dan bahkan pake laptop pula. Tentu saja udah akrab dengan gadget meski lebih banyak sekadar main gim. Bagaimana dengan yang remaja? Rasa-rasanya kita juga sudah sering melihat mereka bercekikikan sambil melototin hape miliknya.

Sobat blogger Indonesia, buat kita yang kebetulan bisa menikmati beragam produk teknologi informasi dan komunikasi, pantas untuk bersyukur (meski tetap kudu waspada akan dampak buruknya). Sebab, masih banyak saudara kita yang bukan saja belum ngeh, tapi karena emang masih terkendala soal dana sehingga belum sempat merasakan manfaat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut. Teknologi informasi dan komunikasi ini perkembangannya memang melompat-lompat. Frog jump alias lompatan kodok. Sekali lompat beberapa jarak udah bisa ditempuh. Nggak ngerayap. Tapi benar-benar cepat sekali perkembangannya hmm ini ciuss lohh...

Terus soal internet, siapa pula yang masih kuper dan nggak gaul banget tentang internet? Kayaknya siap-siap deh dieledekin nggak gaul kalo sampe nggak ngeh dengan internet. Sekarang ini, terutama di kota besar, teknologi informasi dan komunikasi bernama internet udah biasa. Menjamurnya warnet di kota-kota besar adalah sebagai indikator paling gampang untuk mengetahui bahwa di daerah itu mudah mengakses internet dan memang ada penggunanya. Lagian siapa yang mo bela-belain buka warnet kalo penduduk di situ masih pada gaptek atau malah nggak ngeh dengan teknologi tersebut. Tul nggak sih?

Sobat blogger yang makin kreatif, ponsel dan internet khususnya, memang mengakomodasi kebutuhan manusia akan teks, suara, dan gambar (termasuk video). Maka, nggak heran kalo komunikasi verbal dan nonverbal bisa dilakukan dari ponsel. Contohnya adanya fasilitas video call, atau memajang video hasil rekaman dari gadget yang kemudian di-share melalui situs jejaring sosial yang sudah tertanam di dalamnya, lengkap dengan fasilitas internet tentunya. Sehingga, kawan-kawannya di dunia lain bisa nonton bareng video hasil rekaman si pemilik gadget.
Maka tak perlu heran pula kalo sekarang banyak remaja yang lebih asik nunduk melototin gadget, berinteraksi dengan kawan-kawannya di dunia maya, di berbagai kesempatan: di jalan, di kendaraan umum, di sekolah, bahkan di kamarnya sendiri, termasuk mungkin saja ada yang tetap nekat membawa ke kamar mandi saking pengennya dapetin update info dari kawan-kawannya atau karena ingin update keberadaan diri dan kondisinya agar orang lain tahu aktivitas yang sedang dijalaninya.

Lalu apa peran teknologi buat dunia pendidikan? Kemajuan teknologi dan informasi merupakan sebuah kenyataan perkembangan dunia yang memberikan banyak akses bagi terjadinya perubahan pola kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang. Kondisi tersebut, turut pula menjadi pemicu bagi upaya-upaya perubahan dalam sistem pembelajaran atau pendidikan. Yakni upaya untuk melepaskan dunia pendidikan dari kungkungan model pembelajaran yang cenderung memaksa anak didik untuk mengikuti pembelajaran yang semakin hari semakin tidak menarik dan membosankan tul kan? Tahu gak ungkapan Paulo Fraire, sekolah tidak lebih merupakan bangunan tembok penjara yang menjerat penghuninya (para siswa) untuk senantiasa mengikuti dan menerima dengan patuh semua ajaran yang terdapat di dalamnya.
Oleh karenanya, dunia pendidikan senantiasa dituntut untuk terus-menerus mengikuti alur perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian berkembang pesat, karena pendidikan yang tetap pada instruksional kurikulum yang kaku hanya akan menjadikan peserta didik gagap terhadap realita kemajuan teknologi yang semakin tak terbendung.
Dengan pemanfaatan teknologi di dalam dunia pendidikan, diharapkan akan mampu menggeser sifat pendidikan yang cenderung introvet (tertutup) menjadi ekstrovet (terbuka) dan lebih proaktif, sehingga akan semakin memberdayakan proses belajar mengajar menjadi lebih kreatif dan kompetitif.

~~Salam semangat~~

AGUS PERMANA AGUS PERMANA Author
Andy Borneo mengatakan...

keren nih artikel'nya.. memang untuk di jaman sekarang teknologi itu sangat penting dalam dunia pendidikan agar mereka lebih dapat memahami teknologi dan informasi agar tidak ketinggalan, tapi tetap mesti dalam pengawasan, karena teknologi sekarang jika tidak bisa di pergunakan sebaik2nya akan dapat menjerumuskan ke dalam hal2 yang tidak baik.. :D

Bangboy F mengatakan...

Terima kasih banyak mas atas sarannya... iya bener banget kita patut bersyukur krn kita masih bisa menggunakan fasilitas TI yang semakin melompat perkembangannya... dan menggunakannya untuk kebaikan apalagi pendidikan..!

Kamu Pengunjung Ke

Google+ Badge

Sobat Kang Agus