My Diary.
to Share my Life Events

E-learning


1.      Bagaimana kita belajar (how people learn); 
2.      Apa yang kita pelajari (what people learn); dan 
3.      Kapan dan dimana kita belajar (where and when people learn). 

"hmm kira-kira apa yah jawaban dari 3 pertanyaan diatas. Ok sobat Indonesia saya sedikit berpendapat mengenai peran Teknologi Informasi dalam pendidikan bangsa dapat dirumuskan".  Pertanyaan pertama, bagaimana kita belajar? ya kalau menurut saya belajar ya belajar, cari ilmu, duduk dikelas dengerin guru yang berbicara, mencatat dari buku, dikasih tugas atau PR hmm ya gtu deh hehe..."Terkait dengan metode atau model pembelajaran cara berinteraksi antara guru dengan siswa sangat menentukan model pembelajaran.
"Yang saya coba cermati yang terjadi dalam perubahan (tapi bukan NasDem) hehe.. pembelajaran terkait dengan ketergantungan terhadap guru dan peran guru dalam proses pembelajaran." Proses pembelajaran seharusnya tidak 100% bergantung kepada guru lagi (instructor dependent) terus berapa % donk? tetapi lebih banyak terpusat kepada siswa (student-centered learning atau instructor independent). Guru juga tidak lagi dijadikan satu-satunya rujukan semua pengetahuan tetapi lebih sebagai fasilitator atau konsultan tul kan?.

Peran Teknologi Informasi dalam model pembelajaran ini sangat jelas. Hadirnya e-learning dengan semua variasi tingkatannya telah memfasilitasi perubahan masyarakat. Secara umum,
 e-learning dapat didefinisikan sebagai pembelajaran yang disampaikan melalui semua media elektronik termasuk, Internet, satelit, audio/video tape, TV interaktif, dan CD ROM.
kita ambil contoh sekarang ada loh kursus gratis lewat internet, bahkan di Sukabumi ada lewat siaran radio jadi kita tidak usah bingun dan gelisah memikirkan dana untuk kursus, wah kren yah Teknologi sekarang.
Nah kita lanjut. E-learning telah mendorong demokratisasi pengajaran dan proses pembelajaran dengan memberikan kendali yang lebih besar dalam pembelajaran kepada siswa. Hal ini sangat sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pendidikan nasional seperti yang saya ingat masih waktu duduk di SMP guru PKN saya menerangkan tentang UU, nah salah satunya ada Pasal berapa saya lupa yang bunyinya kurang lebih seperti ini “pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa”.  
Itu bunyi kalimatnya kurang lebih seperti itu, hmm... mudah-mudahan kita bisa mencermati dari metode pembelajaran saat ini didunia pendidikan melalui peran Teknologi Informasi yang saat ini sudah tidak asing lagi dikenal masyarakat. 

~~Salam semangat untuk sobat Indonesia~~



AGUS PERMANA AGUS PERMANA Author

Kamu Pengunjung Ke

Google+ Badge

Sobat Kang Agus