My Diary.
to Share my Life Events

KERJA? KULIAH?

Pilihan ada pada tangan anda sendiri!
Pernah ga sih kita kepikiran abis lulus SMA/SMK mau kemana? Kerja atau kuliah? Pasti pernah toh? Bagi yang cukup dalam finansial serta ditambah dukungan dari orang tua ga jadi masalah untuk kuliah di kampus ternama di Indonesia, bahkan sampai Luar Negeri. Tapi sekarang masalahnya bagaimana dengan yang masih kurang dalam segi finansial? Mau ga mau harus kerja dulu untuk menambah modal kuliah (bangboy).

Setelah bekerja di suatu perusahaan terkadang kepikiran juga malas buat nerusin studi di perguruan tinggi dan terkadang berpikiran " Buat apa kuliah, gue dah bisa dapet duit gini, tempat kerja enak lagi, dll." Hmm.. Jangan salah loh ada beberapa orang malah nyesel gara-gara hal ini, "Kenapa ya gue ga dari dulu ya kuliah udah kenenakan ma duit kali yee..hehe" Nah loh?! (Kaka Bangboy)

Menurut data yang diperoleh mayoritas yang ada sekarang memilih merekrut karyawan yang berlatar belakang D3 atau S1 untuk menduduki posisi yang startegis di perusahaannya. Lulusan SMA menurut perusahaan dinilai belum mencukupi skill yang dibutuhkan di perusahaannya (sekarang SMK BISA)

Berarti kita harus kuliah dulu donk?! Ga juga ahh!! Bisa aja kita kuliah sambil kerja loh. Sekarang udah banyak Perguruan Tinggi yang buka Kelas Ekstensi yang dikhususkan untuk para karyawan. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh kita para lulusan SMA/SMK yang ingin bekerja tapi juga mau sekalian kuliah juga. Ini bisa dimanfaatkan juga loh untuk peningkatan karier kita di perusahaan

Jika Anda mempunyai niat setelah lulus untuk kuliah, maka kuliahlah. Pertama tama adalah niat dulu. Untuk apa kuliah tetapi tidak ada niat ke situ? Banyak manfaat yang akan kita dapat dari kuliah, selain dapat banyak ilmu dan pengalaman baru, kita juga akan mudah mencari pekerjaan. Terus bagaimana jika kita termasuk orang yang tidak mampu tetapi ingin kuliah? Jawabannya, Kita dapat mengikuti program pemerintah, yaitu bidik misi atau program beasiswa lainnya. Bidik misi yaitu program beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu yang diberikan oleh pemerintah.

Kerja
Bagi kebanyakan siswa lulusan SMK peluang untuk kerja lebih besar "katanya". Karena sudah mempunyai keahlian sendiri yang diajarkan waktu di sekolah. Tetapi lulusan sma juga tetap berpeluang untuk kerja. Jika Anda tidak mampu atau tidak ada niat untuk kuliah, sebaiknya kerja saja. Tetapi jika sudah kerja, niatan untuk belajar atau kuliah lagi sudah tidak ada, karena sudah punya penghasilan sendiri.

Kuliah sambil kerja
Selain anda mendapatkan ilmu, anda juga mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan anda dari hasil pekerjaan anda. Ini cocok bagi anda yang tidak mau membebankan biaya kuliah pada orang tua. Jadi anda dapat membiayai kuliah dari hasil jerih payah anda sendiri.

Kerja Sambil Kuliah
Apa bedanya ini dengan yang diatas? Sebenarnya sama saja tetapi anda lebih fokus pada pekerjaan anda, dengan kata lain kuliah itu sampingan aja. Anda dapat sukses meski tanpa kuliah.

Pilihan ada di tangan Anda mau pilih yang mana. Karena sukses itu pilihan SEMANGAT MAS BRO!!
  •  
  •  
AGUS PERMANA AGUS PERMANA Author

Kamu Pengunjung Ke

Google+ Badge

Sobat Kang Agus