My Diary.
to Share my Life Events

Mengenal Teknologi Animasi

-->
-->A.   Pengertian Teknologi
Teknologi secara harfiah adalah ilmu mengenai teknik. Teknik ialah meto-de, cara, keterampilan untuk mem-buat sesuatu atau mencapai sesuatu. Dalam arti yang sempit, teknologi diartikan dengan istilah pemberian dan praktek ilmu terapan pada industri yang mempunyai nilai praktis. Pengertian yang agak luas, teknologi adalah semua proses yang berhu-bungan dengan bahan, teknologi bukanlah bakat atau kodrat me-lainkan keilmuan yang harus dipe-lajari baik ilmu terapan maupun sebagai keterampilan tangan. Tekno-logi dalam makna sangat luas, berarti cara-cara membuat atau mengerja-kan suatu produk.
Sementara itu, aspek teknologi juga tampak perkembangannya melalui peralatan itu sendiri, baik tipologi peralatan yang bersifat manual maupun masinal. Demikian juga teknologi bahan, yang tidak hanya berkisar pada pengolahan bahan itu sendiri, akan tetapi juga bertalian dengan kemungkinan bahan lain yang dapat dipergunakan maupun aplikasi bahan satu dengan lainnya dalam suatu produk.
Adanya teknologi semua kegiatan menjadi serba mudah cepat dan rasional, tentu selain segi positip yang dapat meningkatkan harkat hidup masyarakat banyak, teknologi pada hakekatnya juga mengubah pelbagai dimensi kehidupan, baik yang berakibat alami, hubungan kemasyarakatan, maupun nilai-nilai budaya
Apabila teknologi secara sederhana diartikan sebagai ilmu yang mengaji masalah teknik atau cara, maka format awal yang dapat dilacak atau ditelusur melalui berbagai peralatan yang telah dihasilkan nenek moyang kita pada masa-masa prasejarah. Penyempurnaan teknik asah dari monofasial ke arah bifasial, dari kapak genggam ke arah kapak se-patu, dari bahan batu ke arah bahan logam dan seterusnya adalah indikasi evolusi perkembangan teknologi.
Teknologi sederhana sudah muncul semenjak pada periode primitif (pra-sejarah) yang berhubungan dengan kebutuhan manusia baik lahiriyah maupun spiritual, yaitu bagaimana menciptakan bentuk gambar seder-hana, seperti yang ditemukan pada dinding gua di Lascaux dan Altamira. Pada awal ini teknologi dalam membuat media animasi komunikasi sangatlah sederhana dengan meng-gunakan alat runcing dengan cara goresan tangan untuk menghasilkan karya bersimbol untuk berko-munikasi antar manusia dan atau dengan Yang Maha Kuasa. 
Nantikan episode selanjutnya!
  •  
AGUS PERMANA AGUS PERMANA Author

Kamu Pengunjung Ke

Google+ Badge

Sobat Kang Agus