My Diary.
to Share my Life Events

Sukabumi Kota 101 Kreatifitas

JL PERINTIS KEMERDEKAAN – Wali Kota Sukabumi H Mohammad Muraz menuturkan, partisipasi masyarakat dalam peringatan HUT Kota Sukabumi ke- 101 sangat tinggi. Itu terlihat dari banyak keterlibatan masyarakat dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan.
“Alhamdullilah partisipasi masyarakat sangat tinggi. Saya akui jika harus mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Sukabumi sangat terbatas,” katanya usai peringatan HUT Kota Sukabumi ke- 101 di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, kemarin (1/4).
Muraz mengaku bangga dalam HUT tersebut masyarakat secara langsung lebih banyak tampil dalam memberikjan partisipasi kepada pemerintah Kota Sukabumi. “Dalam berbagai kegiatan, masyarakat lebih banyak tampil, bahkan mereka yang sendiri yang memiliki ide,” ujarnya.
Muraz berpesan, melalui peringatan HUT Kota Sukabumi ke- 101 bisa dijadikan sebagai tahun kebangkitan kearifan budaya lokal yang menJadi kekuatan bagi setiap daerah khususnya dan umumnnya bagi nasional dalam menghadapi arus globalisasi. “Makanya, dalam tahun ini kita bikin peraturan, mengenai SK wali kota tentang keharusan bagi setiap karyawan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi untuk mengenakan pakaian adat sunda warna hitam maupun putih pada setiap hari Rabu,” jelasnya.
Sebelumnya, kata Muraz, Pemkot Sukabumi telah melakukan terobosan, yaitu mengharuskan penggunaan bahasa Sunda dan pencak silat jadi mulok di sekolahan. “Ini adalah kearifan lokal, juga salah satu upaya dalam menarik wisata,” katanya.
Sementara itu, dalam peringatan HUT Kota Sukabumi ke- 101, diisi berbagai pemberian hadiah bagi seluruh peserta yang mengikuti berbagai lomba. Terdapat juga atraksi Yong Komodor, serta kesenian pencak silat yang diikuti sebanyak 1000 peserta.Sukabumi/MediakretifAP-Upacara Puncak Peringatan Ke 101 Tahun Hari Jadi Kota Sukabumi Tahun 2015, dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, hari Rabu pagi, 1 April 2015. Adapun yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, Walikota Sukabumi,


sumber: https://cianjurekspres.wordpress.com
Logo Hari Jadi Kota Sukabumi ke-101

H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Cadangan Inspektur Upacara, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Periwira Upacara, Kompol Warsito, S.H., M.H., Cadangan Periwira Upacara, Kompol Agus Sobandi, Komandan Upacara, AKP Nana, Cadangan Komandan Upacara, AKP Iman, dari Polres Sukabumi Kota, Pembawa Lambang dan Bendera Pemerintah Kota Sukabumi, dari Setukpa Lemdikpol Sukabumi, Pembaca Naskah Pancasila, Inspektur Upacara, Pembaca Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Hariz Fadhilah, S.STP., Paduan Suara, Merah Putih Dinas P dan K Kota Sukabumi, serta Satuan Musik, Marching Band Gema Swara Korpri Kota Sukabumi.



Lapang Merdeka Kota Sukabumi

Sedangkan peserta upacara, terdiri dari Gabungan Perwira TNI dan Polri, para Camat dan Lurah, Setukpa Lemdikpol Sukabumi, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Yonif 310 Kidang Kancana, Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, Polres Sukabumi Kota, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Linmas, para Ketua RW dan RT, Korpri, PGRI, Tim Penggerak PKK, DWP (Dharma Wanita Persatuan), KNPI, OKP, Mahasiswa, Pelajar SMA, SMK, MA, SMP dan MTs, serta Pramuka dan PMR.



Selanjutnya yang hadir pada kesempatan tersebut, yakni para pejabat tinggi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dari Bakorpembangwil (Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah) I Provinsi Jawa Barat, serta dari Pemerintah Kota dan Kabupaten se Jawa Barat, Kepala Setukpa Lemdikpol Sukabumi, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota dan Kabupaten Sukabumi, unsur Muspida Kota dan Kabupaten Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten Daerah dan Staf Ahli Walikota, para Kepala OPD dan Instansi Vertikal, para Pimpinan BUMN dan BUMD, para mantan Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, para Tokoh Pejuang, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Organisasi Sosial, Politik, Kemasyarakatan, Wanita dan Pemuda, serta Insan Pers dan undangan lainnya, dengan menggunakan pakaian adat atau pakaian tradisional Sunda, yakni untuk laki-laki memakai Iket atau Ikat Kepala, Baju Kampret dan Celana Pangsi, serta untuk perempuan memakai Baju Kebaya dan Kain.

Dalam kesempatan tersebut, Inspektur Upacara menyerahkan Piala dan Piagam Penghargaan kepada para juara lomba, dilanjutkan pementasan kesenian Kaulinan Barudak dari SMA Negeri 1 Kota Sukabumi, atraksi beladiri Yong Moo Do Anggota Yonif 310 Kidang Kancana, Senam Silat 101 Kota Sukabumi, yang diikuti oleh 3.500 pelajar SD, SMP, SMA dan SMK se Kota Sukabumi, serta Hymne dan Mars Kota Sukabumi.


Usai upacara, dilanjutkan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Sukabumi, dalam rangka memperingati ke 101 tahun Hari Jadi Kota Sukabumi, bertempat di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi, serta pada malam harinya, acara silaturahmi dan tasyakur bi nikmat, bertempat di GOR (Gelanggang Olah Raga) Remaja Merdeka Kota Sukabumi, dan Pesta Rakyat bertempat di Stadion Suryakencana Kota Sukabumi.
Saya atas nama pribadi merasa bangga atas upaya terobosan kreatif baru demi Sukabumi Kreatif, walaupun 1 April lalu saya berada di Bandung. "Selamat hari jadi kota Sukabumi ke-101, Terus maju menjadi kota kreatif dan terkenal ke-2 di Jawa Barat-Agus Permana"

sumber: http://www.sukabumikota.go.id/
  •  
Media Kreatif Media Kreatif Author

Kamu Pengunjung Ke

Google+ Badge

Sobat Kang Agus