My Diary.
to Share my Life Events

Wirausaha Pelajar SMK


atrikel kali ini saya tulis dengan pengalaman yang sekarang sedang saya laksanakan... Belajar Berwirausaha.
Betul bahwa tugas utama pelajar adalah untuk belajar. Menyiapkan ilmu untuk menghadapi tantangan dimasa yang akan datang.

Namun, ditengah kesibukan pelajar untuk menambah ilmu. Sebetulnya masih ada sedikit waktu yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan atau lebih produktif.

Bahkan dengan berusaha untuk lebih produktif, sebetulnya para pelajar justru mencoba memahami sebuah keahlian baru.

Jadi kenapa tidak mencoba berusaha sejak dini....

Syaratnya cuma satu.... JANGAN MENGGANGGU KEGIATAN BELAJAR.

Adapun jenis-jenis wirausaha yang masih cocok bagi pelajar sebaiknya bersifat part-time (separuh waktu). Berikut sedikit pilihan wirausaha untuk para pelajar yang bisa dicoba :

1. Les Privat
Untuk para mahasiswa, bisa membuka les privat untuk bidang-bidang studi yang penting bagi murid SMA, SMP atau SD. Bidang studi yang bisa dijadikan sebagai lahan les privat adalah matematika, bahasa inggris, Science, dan sebagainya.
Syarat untuk membuka les privat relatif mudah yaitu otak yang encer, sabar dan telaten, serta komunikatif.
Siapa yang mau dijadikan pasar, mulai aja dulu dari tetangga-tetangga sekitar, terutama yang akan mendekati ujian.

2. Usaha pernak-pernik
Pelajar kreatif bisa membuka usaha pernak-pernik, seperti bando, bross, ikat rambut, pin, dan sebagainya. Pelajar bisa menjual hasil kreasinya kepada teman-teman sekelas dan juga teman-teman kelas tetangga.
Modal utama dalam usaha pernak-pernik ini adalah kretivitas, dan sering mencari model-model baru yang bisa dikreasikan.

3. Penulis
Pelajar dan mahasiswa yang hobi menulis, baik fiksi maupun nonfiksi, bisa menjual tulisannya kepada penerbit untuk dibukukan. Jikalau pun tidak dibukukan, hasil karya tersebut, terutama cerpen dan puisi, tetap dapat menghasilkan uang yaitu dengan mencoba mengirimkannya ke koran atau majalah.
Perlu diingat, jangan mudah menyerah jika tulisan atau artikel tidak dimuat oleh pihak koran atau majalah. Memang, kata kunci untuk menjalani bisnis sebagai penulis adalah skill menulis, pengetahuan yang luas, dan pantang menyerah.

4. Distributor pakaian
Bagi teman-teman yang sering berbelanja pakaian bisa memanfaatkan hal ini sebagai suatu wirausaha baru. Dengan ini, teman-teman pelajar di daerah yang berbeda pun bisa mendapatkan pakaian model terbaru dengan harga yang miring.

5. Jual Beli Buku Loak dan Jasa Photocopy
Pelajar bisa memanfaatkan buku-buku pelajaran yang sudah tidak tepakai lagi untuk dijual ke adik-adik kelas. Jika mau, ajak kakak kelas untuk ikut berkontribusi sehingga buku-buku dari kakak kelas pun bisa dijual ke teman-teman seangkatan. Atau bisa juga lewat jasa photocopy dimana teman-teman pelajar bisa mendapatkan keuntungan karena membantu teman-teman lain mendapatkan tempat photocopy dengan mudah dan murah.

6. Jual Pulsa
mungkin sangat banyak peminat pulsa di kalangan sekolah, nah jadi banyak peluang untuk bisa berbisnis lewat jualan pulsa

7. Jasa Fotografer dan Video Shooting

Jadi pilih bisnis yang mudah aja dulu... sebagai latihan.
Semoga bermanfaat...!!!
AGUS PERMANA AGUS PERMANA Author

Kamu Pengunjung Ke

Google+ Badge

Sobat Kang Agus