My Diary.
to Share my Life Events

14 Hal Semangat Kuliah

Jujur ya, saat kamu kuliah pasti ada masa-masa dimana kamu benar-benar malas untuk bangun tidur dan berangkat ke kampus. Malas mandi, malas siap-siap, malas berangkat ke kampus, malas ikut kelas, malas dengerin dosen ‘ngoceh’ dan beragam malas lainnya. Tapi pernah nggak sih kamu sadar apa yang bikin kamu semangat ke kampus? Indonesian Times berhasil mendata 14 hal yang ternyata bisa jadi pemicumu buat semangat ke kampus.
1. Kelas yang diajar oleh dosen favoritmu.
Kalau dosen favoritmu ngajar hari itu, secara otomatis kamu jadi lebih semangat kuliah. Ya kelasnya memang nggak membosankan, ketika kamu selesai dari kelasnya, kamu bisa feel refresh karena habis disodorkan oleh pemikiran baru dari dosenmu itu.

2. Mata kuliah favoritmu.
Setiap mahasiswa pasti mempunyai satu mata kuliah favorit di tiap semester, entah karena dosennya yang menarik atau mungkin kamu memang tertarik sama mata kuliahnya secara murni dan natural (hah?).

3. Makanan di kantin.
Makanan di kantin, percaya nggak percaya, memang ngangenin. Mulai Warung Jatim Pak Marno, Bakso Pak Sutarman, Penyetan Ibu Agus, hingga Pempek Pelangi Ceria Sepanjang Hari di pojokan kantin. Ada kok yang semangat ke kampus cuma karena dirinya kangen makanan kampus.

4. Acara kampus yang keren.
Mungkin hari itu di kampusmu ada acara keren, entah acara jurusan, acara BEM, atau mungkin acara tahunan kampusmu yang sampai mendatangkan artis ibukota.

5. Dosen tamu yang sudah kamu nanti-nantikan.
Mungkin minggu lalu, dosenmu sudah mengingatkan bahwa minggu depan akan ada Bapak Anies Baswedan dan Bapak Basuki Tjahaja Purnama yang akan jadi dosen tamu di kelasmu. Jelas dong jadi semangat kamu kuliahnya (baca: semangat datang buat foto bareng kelar kelas, upload ke media sosial, walau lupa apa pesan dari dosen tamu).

6. Kelas hari itu menonton film.
Entah kenapa kalau penulis pribadi senang sekali saat kelas hari itu dalam bentuk menonton film. Walaupun ada tugas setelah menonton film, aku rapopo. Yang penting hari itu menonton film baru, yang belum pernah ditonton sebelumnya.

7. Study trip atau kunjungan.
 
Jelas semangat dong kalau kegiatan yang satu ini, karena kamu kan bakalan jalan-jalan bareng temen kampusmu juga, teman satu angkatan bahkan. Pergi kunjungan ke suatu tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi jelas membuka matamu akan hal-hal baru dan kegiatan itu menyenangkan banget!

8. Jajanan di depan kampus.
Kadang nggak cuma kampusmu aja yang terkenal, jajanan depan kampus juga bisa ikut terkenal lho! Biasanya kamu menanti masa-masa senggang di tengah-tengah jam kuliahmu, lalu bareng teman-teman jajan di depan kampus. Mulai dari pentol, batagor, molen, cireng hingga es ting-ting.

9. Teman-temanmu.
 
Tidak dipungkiri, teman adalah salah satu pemicu semangat kuliah terbesarmu. Kamu bisa semangat kuliah karena tahu akan bertemu dengan orang-orang keren dan seru yang bisa jadi teman ngobrol dan ngegosipmu. Sebenarnya yang kamu nantikan adalah bertemu dengan teman-teman, kan?

10. Ada acara pergi sama teman habis selesai kelas.
Nah apalagi pake acara pergi sama teman-teman habis kelas selesai. Semangat kalian seakan-akan penuh. Sayangnya hal ini biasanya tidak diimbangi dengan konsentrasi penuh saat di kelas karena fokus kalian adalah jalan-jalan bareng teman.

11. Gebetan. #uhuk #ciyeee
Hayo, ngaku! Gebetan bisa jadi alasan terbesarmu kan buat semangat datang ke kampus? Apalagi kalau si gebetan juga menunjukkan sinyal positif ke kamu. Kelas mulai jam 8.00 pagi mungkin kamu sudah di kampus pukul 6.00 pagi lengkap dengan dandanan rapi nan kece. Hahaha.

12. Masa depanmu.
Mungkin dari kalian juga ada yang benar-benar murni memikirkan masa depan dan merasa harus semangat untuk berkuliah. Alhasil, kamu memang semangat ke kampus setiap hari, semangat menggali ilmu demi masa depan yang lebih baik. Bahkan bisa-bisa hari Minggu pun kamu tetap ke kampus (manfaatin free wi-fi maksudnya).

13. Perpustakaan kampusmu.
Bagi pecinta buku, perpustakaan adalah surga mereka, sumber kebahagiaan mereka, tempat mereka bertumpu dan bersandar, serta pintu untuk menjelajahi dunia. Mungkin perpustakaan kampus bisa jadi pemicu semangatmu untuk berkuliah. Setiap ada waktu senggang, kamu pasti ke perpustakaan buat baca, pinjam, balikin buku. Gitu aja terus sampai Syahrini duet sama Justin Bieber.

14. Orang tuamu.
Kamu yang sadar bahwa orang tuamu sudah buang banyak uang jutaan, belasan, bahkan hingga puluhan juta pasti akan berusaha untuk membuat uang yang mereka keluarkan tidak sia-sia. Jadi, kamu semangat kuliah setiap hari untuk bisa segera membalas budi mereka, yang sudah mengantarkanmu ke jenjang pendidikan tertinggi.

Sumber: See more at: http://idntimes.com/hype/serbaserbi/488/Kamu-Mungkin-Nggak-Sadar-Tapi-14-Hal-Inilah-yang-Bisa-Memicu-Semangat-Berkuliahmu#sthash.J67pYvS5.dpuf
  •  
Media Kreatif Media Kreatif Author

Kamu Pengunjung Ke

Google+ Badge

Sobat Kang Agus