My Diary.
to Share my Life Events

Batik Sukabumi


Minggu, 28 Desember 2008
LOUNCHING BATIK KHAS SUKABUMI
Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Perindagkop dan Penanaman Modal, beserta Produsen dan Perusahaan Daerah Waluya selaku inisiator, melakukan Lounching Batik Khas Sukabumi.

Kegiatan yang ditandai Peragaan Busana Batik Khas Sukabumi oleh sejumlah model berprestasi di Kota Sukabumi dan dikenal di dunia entertainer nasional, serta penanda-tanganan prasasti oleh Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., Produsen, Dokter Ritanenny E.S. Mirah, dan Designer, Tenny Hasyanti ini, berlangsung pada acara pembukaan Sukabumi Economic Expo (SEE) 2008, hari Jum’at baru-baru ini, di lapangan Merdeka.

Kepala Dinas Perindagkop dan Penanaman Modal Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd. menjelaskan, Lounching Batik Khas Sukabumi ini mendapat sambutan positif dari Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., Wakil Walikota Sukabumi, Drs. H. Mulyono, M.M., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, Hajah Isye Muslikh Abdussyukur, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, Hajah Puji Mulyono, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Sukabumi, Hajah Esih Muraz, dan para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Sedangkan penentuan motif batik khas Sukabumi ini, diambil dari potensi yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat Sukabumi. Antara lain, Batik Paku Jajar adalah motif Pohon Hanjuang Siang (Hanjuan Siyang), yakni pohon yang banyak ditemukan di daerah jalan R.E. Martadinata sekarang, warna hijau cerah, batang lurus dan lengkung mengalun indah.

Selanjutnya Batik Cikole, adalah motif Pohon Pisang Kole atau Pohon Pisang Kecil, jantungnya berwarna ungu pekat, pada daun yang hijau terdapat garis-garis merah maroon. Pada tahun 1279, Pohon Pisang Kole banyak ditemukan di jalan R. Syamsudin, S.H. sampai jalan Cikole.

Kemudian Batik Teh, yakni motif Daun dan Bunga Teh yang hijau segar. Pohon Teh termasyhur sejak tahun 1815, pada saat Andries de Wilde menjadi koordinator perkebunan ternama di Jawa Barat, berdomisili di Sukabumi; serta Batik Pala, yakni motif Buah Pala yang kecoklatan, daun yang meruncing hijau menjadi perpaduan yang serasi. Pohon Pala banyak manfaatnya. Karena buah dan bijinya dapat diabadikan dalam rancangan Batik Pala.
AGUS PERMANA AGUS PERMANA Author

Kamu Pengunjung Ke

Google+ Badge

Sobat Kang Agus